Tuesday, March 24, 2020

Contoh laporan kegiatan pawai budaya

LAPORAN KEGIATAN PAWAI BUDAYA HARI ULANG TAHUN REPUBLIK INDONESIA KE 74

       Kegiatan  Karnaval memeriahkan HUT ke-74 RI tahun 2019 yang digelar di Lamongan, Kamis (29/8/2019) pagi menjadi tontonan yang menghibur masyarakat setempat.
      Kegiatan karnaval memeriah peringatan hari kemerdekaan RI, diikuti ratusan peserta, terdiri dari murid siswa SMP/MTs dan SMA/SMK. Peserta karnaval berjalan dengan start dan finish di alun-alun kota lamongan.
Peserta karnaval memakai pakaian adat sejumlah daerah serta pakaian profesi menjadi tontonan  yang menghibur masyarakat di sepanjang rute yang dilalui peserta. Seperti Man 1 lamongan yang melakukan aksi tari boran untuk memeriahkan karnaval ini. Selain itu juga ada atraksi yang tak kalah menarik  seperti tari laras-liris, drumband, dll. Tak hanya atraksi, di karnaval ini banyak peserta yang memperkenalkan yang ada di lamongan seperti miniatur patung bandeng lele, batik paciran, kekayaan yang ada di lamongan, dll.
Sejumlah peserta tampak cukup bersemangat. Terlebih lagi iring-iringan kanaval menjadi tontonan menarik masyarakat menyambut HUT kemerdekaan. Apalagi respon masyarakat yang serentak beramai-ramai untuk menyaksikan karnaval di sepanjang rute perjalanan. Suasana selama karnaval juga kondusif dan aman.
Kegiatan karnaval dari  Man 1 Lamongan menurut saya kurang menarik. Karena Man 1 Lamongan para partisipannya hanya berjalan biasa tanpa senyuman dan saya tidak merasakan kemeriahan karnaval yang dibawakan Man 1 Lamongan. Tetapi propeti dan busana yang dipamerkan sangat bagus dan menarik. Dan untuk kegiatan karnaval secara umum, menurut saya cukup meriah tetapi tak semeriah tahun kemarin.
Harapan saya untuk kegiatan karnaval ini selain dapat menghibur masyarakat juga dapat sebagai sarana memperkenalkan dan melestarikan budaya yang ada. Kegiatan karnaval ini juga sangat positif karena dapat mewujudkan kekompakan dan kebersamaan yang di ciptakan melalui kerjasama pembuatan properti. Dan saya sangat berharap untuk para masyarakat agar tidak meninggalkan sampahnya di jalan setelah meninggalkan tempat.

No comments:

Post a Comment