Tuesday, March 24, 2020

Proposal usaha apem

PROPOSAL WIRAUSAHA MAKANAN KHAS DAERAH
NAMA PERUSAHAAN
Apeyuk Cantik
Visi
Menjadikan apem sebagai makanan tradisional yang populer dan dikemas menarik di kalangan masyarakat.
Misi
Membuat apem yang memiliki aneka rasa.
Memasarkan apem di pasar tradisional maupun pasar modern.
Mendirikan usaha wisata kuliner makanan khas Indonesia.
Tujuan
Mensosialisasi produk makanan tradisional yang mulai tidak disukai oleh masyarakat agar dapat disukai kembali oleh masyarakat dengan menyajikan apem dengan bentuk yang unik dan dikemas dengan kemasan yang menarik.
Maksud kegiatan usaha
      Maksud dari membuka usaha ini, ingin menyalurkan ilmu yaitu Kemampuan di bidang kuliner,  di dunia usaha bentuk dari pengalaman dan menambah wawasan atas ilmu yang telah diketahuai dan ingin berinovasi dengan makanan tradisional sehingga makanan tradisional tidak akan kalah dalam kualitas dengan makanan makanan di jaman yang modern ini, kami akan berenovasi dengan mengembangkan kembali kue tradisional yaitu apem menjadi lebih menarik dan lebih berkualitas.

LATAR BELAKANG
Pada umumnya masyarakat selalu menginginkan sesuatu yang berbeda, tidak terkecuali dengan hal kuliner atau makanan. Oleh karena itu dengan menciptakan apem aneka rasa ini konsumen bisa lebih tertarik. Olahan apem ini tidak menggunakan bahan pengawet ataupun bahan lainnya yang dapat membahayakan kesehatan konsumen, dan telah disesuikan dengan standar atau persyaratan pemerintah terhadap makanan yang sehat.
Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan strategi pemasaran kita dalam usaha dengan cara menyesuaikan harga dan tempat yang strategis. Bisa juga dengan melakukan promosi pada produk yang dimiliki. Pandai mengatur harga dalam pemasaran, tempat penjualan, promosi produk dan inovasi yang bagus terhadap produk. Seperti bagaimana cara membuat apem ini terlihat lebih unik dan berbeda dari olahan cilok pada umumnya. Dan ini beberapa alasan melakukan inovasi kue apem :
Konsumen apem sepi peminat.
Rasa apem yang cenderung monoton dan agak eneg.
Tampilan atau sajian yang kurang menarik.
PELUANG BISNIS
Peluang untuk usaha kue apem terbilang sangat prospektif dengan respon sangat bagus oleh masyarakat. Usaha kue apem menjadi suatu pilihan usaha kue khas jawa yang menguntungkan hingga banyak orang yang terpincut untuk menerjuni usaha tersebut. Usaha kue apem menjadi suatu usaha kue basah yang menyajikan cita rasa yang nikmat, gurih dan manis juga peminatnya sangat tinggi, jumlah peminatnya yang melonjak menjadikan usaha kue apem sebagai salah satu usaha berpotensi bagus.
Usaha kue apem juga tidak mengenal waktu dan musim sehingga usaha ini cocok untuk pilihan usaha yang dijalankan di waktu kapanpun. Usaha kue apem juga menjadi salah satu usaha yang mudah dilakukan dengan keuntungan terbilang cukup menggiurkan peluang dalam usaha kue apem ini memang cukup menyenangkan juga sangat cocok mejadi pilihan bisnis yang cemerlang. Kue apem kini mulai banyak dicari sebagai kudapan lezat juga sangat menarik sehingga kue apem laris manis dipasaran. Perkembangan usaha kue apem yang dari waktu ke waktu menunjukkan pertumbuhan yang pesat dan bagus membuat usaha kue apem patut untuk diperhitungkan.

DESKRIPSI BISNIS
Apem adalah salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras yang biasanya disajikan saat acara tasyakuran, tahlilan atau pun diperjual belikan. Banyak penduduk yang menyertakan apem sebagai jajanan wajib yang harus disertakan dalam bingkisan tahlilan karena dipercaya sebagai simbol permohonan ampun atas berbagai kesalahan atau sebagai rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT, namun juga ada yang memperjual belikan apem sebagai jajanan tradisional biasa. Apem terbuat dari tepung beras yang didiamkan selama semalam dengan mencampurkan telur, santan, gula dan tape serta sedikit garam kemudian dibakar tau dikukus. Bentuknya mirip serabi namun lebih tebal.
Menurut legenda, kue ini dibawa Ki Ageng Gribig yang merupakakan keturunan Prabu Brawijaya kembali dari perjalannnya dari tanah suci. Ia membawa oleh-oleh 3 buah makanan dari sana. Namun karena terlalu sedikit, kue apem ini dibuat ulang oleh istrinya. Setelah jadi, kue-kue ini kemudian disebarkan kepada penduduk setempat. Pada penduduk yang berebutan mendapatkannya Ki Ageng Gribig meneriakkan kata “yaqowiyu” yang artinya “Tuhan berilah kekuatan.”
Makanan ini kemudian dikenal ole masyarakat sebagai kue apem, yakni berasal dari saduran bahasa arab “affan” yang artinya ampunan. Tujuannya agar masyarakat terdorong selalu memohon ampunan kepada sang pencipta. Lambat laun kebiasaan membagi-bagikan kue apem ini berlanjut pada acara-acara selamatan atau yang lainnya.
PRODUK
Produk makanan yang akan kami hasilkan adalah apem. Apem diproduksi berdasarkan kreatifitas yang kami miliki. Apem ini bersifat universal,tidak hanya anak kecil yang menyukai tapi juga para remaja dan orang dewasa.konsumennya adalah semua kalangan.Apem beraneka rasa dengan beragam varian rasa.

 Bahan Baku

Tepung Beras
Tepung Terigu
Gula Pasir
Tape Singkong
Fermipan
Santan Hangat

KEUNIKAN
Disajikan menu tentang aneka macam apem pada setiap meja pelanggan. Meja juga dilengkapi dengan hiasan hiasan kecil yang menyerupai tumbuh-tumbuhan. Di kedai juga dilengkapi dengan kipas angin double blower yang dapat menyejukkan ruangan sehingga pelanggan merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan.
Keunikan makanan :
Varian rasa yang beragam dengan perisa buah hasil modifikasi. Berupa buah strawberry, melon, pisang, dsb.
Bentuk yang menarik karena terinspirasi dari karakter tertentu,
Jajanan dapat bertahan lebih lama dengan diberi pengawet makanan yang tidak berbahaya.
Warna jajanan yang bervariasi dan dapat menarik minat dengan pewarna makanan yang didapat dari alam (pewarna alami).

ANALISA PELUANG USAHA
setiap usaha untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu meluli analisis SWOT :
Strength (kekuatan) :
Menjual produk untuk semu kalangan masyarakat.
Satu produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa.
Bahan produk yang terjmin dan higienis.
Weakness (kelemahan)
Tidak tahan lama.
Produknya mudah ditiru.
Produknya mudah ditiru.
Opportunity (peluang)
Tempat strategis.
Fasilitas yang cukup memadai.
Threat (ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah.

KESIMPULAN
Agar produk dapat diterima oleh semua kalangan, maka :
Membuat produk yang berkualitas dan laku dijual dengan harga bersaing.
Memilih dan menentukan wilayah pemasaran yang menguntungkan.
Membuat produk yang unik dan sehat agar dapat dinikmati oleh semua kalangan.

No comments:

Post a Comment