Tuesday, March 24, 2020

Laporan pratikum elektroskop sederhana

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, pada saat ini, sampai dengan kesempatan ini tiada kata yang pantas terucap, tiada kalimat yang patut terungkap, selain untaian persembahan syukur Puja Allah SWT, Tuhan Seluruh Alam yang telah memberikan begitu banyak limpahan rahmat, anugerah dan karunia-Nya yang begitu luar biasa kepada kita sehungga kami masih bisa menyelesaikan makalah ini.
Shalawat serta salam senantiasa kita senandungkan dengan syahdunya kepada sang pembawa risalah indah ini, Rasulullah SAW. Serta kita selaku umatnya yang InsyaAllah setia hingga akhir zaman. Amin.
Dalam laporan pengamatan ini, kami membahas tentang “ELEKTROSKOP SEDERHANA”. Kami sadari bahwa dalam laporan pengamatan ini banyak terdapat kesalahan, baik dari isi maupun dalam hal penyampaiannya. Untuk itu kami memohon maaf dan maklum serta selalu mengharapkan segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca yang budiman serta guru pembimbing yang bijak.
Akhir kata, semoga tulisan yang sederhana ini bisa bermanfaat, khususnya bagi kami dan umumnya bagi rekan-rekan semua dan semoga dapat menambah khazanah keilmuan kita. Amin.


Lamongan  ,
minggu, 15 September 2019.



















DAFTAR ISI


COVER.................................................................................................................... i
KATA PENGANTAR............................................................................................ ii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... iii
TUJUAN................................................................................................... 1
LANDASAN TEORI………………………………………..…………..1
ALAT DAN BAHAN……………………………………………………2
PROSEDUR KEGIATAN……………………………………………...2
HASIL PENGAMATAN………………………………………....…….2
ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN…………………………….3
KESIMPULAN…………………………………………………………3
LAMPIRAN GAMBAR PENGAMATAN………………..…………..3
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………...3





















PERCOBAAN PENGARUH LISTRIK STATIS

TUJUAN
Memperagakan dan mengetahui adanya pengaruh listrik statis pada sebuah benda yang tidak bermuatan listrik menjadi bermuatan listrik.

LANDASAN TEORI
Elektroskop adalah alat yang digunakan untuk mengetahui muatan listrik sebuah benda. Elektroskop juga dapat digunakan untuk menentukan jenis muatan suatu benda. Elektroskop bekerja berdasarkan prinsip induksi listrik.
Dengan menggosok, suatu benda akan memperoleh muatan listrik. Muatan listrik dapat pula diperoleh dengan menyentuhkan benda yang tidak bermuatan kepada benda yang bermuatan. Keberadaan muatan listrik pada sebuah benda dapat diketahui dengan elektroskop. Bagian dalam elektroskop terdiri atas dua buah daun logam tipis yang dipasang pada ujung batang logam. Prinsip kerja elektroskop adalah induksi listrik.
Induksi listrik adalah peristiwa pemisahan muatan listrik pada benda netral jika benda itu didekati dengan benda lain yang bermuatan listrik. Dimana jika kepala elektroskop yang netral didekatkan dengan benda, maka daun elektroskop akan mengembang jika benda tersebut bermuatan listrik, dan tetap jika benda tersebut tidak bermuatan listrik.
Meskipun demikian, suatu elektroskop dapat digunakan untuk menentukan “tanda muatan” jika pertama-tama pemisahan muatan dilakukan dengan cara konduksi, misalnya elektroskop bermuatan negatif. Jika benda bermuatan negatif didekatkan, maka lebih banyak elektron diinduksi untuk bergerak ke bawah menuju daun-daun elektroskop sehingga kedua daun ini terpisah lebih lebar.
Di sisi lain, jika muatan positif didekatkan, maka elektron-elektron akan diinduksi untuk bergerak ke atas, sehingga menjadi lebih negatif dan jarak pisah kedua daun ini menjadi berkurang / menjadi lebih sempit.
Saling Pengaruh antara Benda-benda Bermuatan Listrik apakah yang menyebabkan benda-benda bermuatan listrik positif atau negatif? Hal ini dapat kita selidiki dengan percobaan sederhana memakai penggaris plastik. Atom-atom penggaris plastik tersebut memiliki jumlah proton dan elektron yang sama. Pada saat kita menggosok penggaris plastik tersebut dengan rambut, gosokan itu menyebabkan elektron-elektron pindah dari rambut ke penggrasis plastik. Dengan membuat lebih banyak elektron terkumpul pada penggaris plastik, kita memberikan muatan listrik negatif pada penggaris plastik tersebut. Penggaris plastik itu bermuatan negatif, dan rambut tersebut bermuatan positif.
Benda-benda seperti penggaris plastik tersebut mendapatkan tambahan elektron, sedangkan rambut kehilangan elektron. Kita mengatakan kedua benda itu dimuati dengan listrik statis. Dengan kata lain, listrik statis adalah terkumpulnya muatan-muatan listrik pada suatu benda. Jadi, benda-benda memperoleh muatan listrik statis akibat kontak atau persentuhan satu sama lain, seperti pada saat kita menggosok penggaris plastik dengan rambut. Benda-benda bermuatan sejenis akan tolak menolak, sedangkan benda-benda yang bermuatan tidak sejenis akan tarik menarik.

ALAT DAN BAHAN
Botol kaca bekas
Alluminium foil
Kawat tembaga ± 15 cm
Penggaris plastik
Kayu atau meja kayu
PROSEDUR KEGIATAN

Mengambil aluminium secukupnya.
Potong Alluminium foil berbentuk persegi panjang.
Menekuk  salah satu ujung kawat tembaga hingga berbentuk seperti setengah lingkaran atau seperti huruf U.
Meletakkan potongan Aluminium foil pada   ujung kawat tembaga yang telah ditekuk lalu lipat Aluminium foil tersebut.
Memasukkan kawat tembaga yang telah diberi Aluminium foil ke dalam botol.
Menutup botol tersebut.
Menggosokkan penggaris plastik pada meja kayu atau kayu dan mendekatkan pada ujung tembaga bagian atas, dan amati apa yang terjadi, apakah aluminium foil di dalam botol diam/bergerak membuka (mekar) .
HASIL PENGAMATAN

Berdasarkan pratikum yang telah kami lakukan, dapat dijelaskan bahwa ketika mengusapkan atau menggosokkan penggaris mika pada kayu, lalu pengaris tersebut didekarkan pada ujung atas kawat yang ada pada elektroskop, maka kertas aluminium foil yang ada di dalam botol akan saling tolak-menolak dan jika penggaris tersebut dijayhkan dari ujung atas kawat yang ada pada elektroskop maka kertas aluminium foil yang ada di dalam botol akan mendekat lagi seperti semula.

ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN

Ketika kita menggosokkan penggaris mika pa meja kayu atau kayu yang semula bermuatan netral maka akan bermuatan negatif. Muatan negatif  yang ada pada penggaris ini disebabkan karena elektron yang ada pada meja kayu atau kayu berpindah kedalam penggaris tersebut karena massanya yang kecil sehingga mudah untuk berpindah. Ketika ujung alumunium foil didekatkan dengan benda bernuatan negatif, maka terjadi induksi yang menarik muatan positif untuk berkumpul di ujung alumunium foil bermuatan negatif. Karena pada dua sisi percabangan bermuatan negatif, maka percabangan tersebut menjadi tolak menolak, akhirnya melebar. Beberapa saat kemudian dua sisi percabangan yang tadinya melebar akan menguncup kembali. Menguncupnya dua sisi aluminium foil ini terjadi karena banyak electron yang tertarik dengan atom di udara, atau apapun yang mendukung benda-benda itu terlistrikkan.

KESIMPULAN

Suatu molekul akan tolak menolak jika muatannya sama, dan suatu olekul akan Tarik menarik jika muatannya berbeda.

LAMPIRAN GAMBAR PENGAMATAN

Sebelum di dekatkan penggaris                                                   Sesudah didekatkan penggaris

                                                               

No comments:

Post a Comment